dwihut

Rasa Syukur Rasa Cukup

Sejak kecil sampai menginjak usia remaja saya diajarkan untuk bergairah dalam mengejar cita-cita atau sesuatu hal yang menjadi keinginan saya.

Itulah mengapa saya belajar keras untuk memenangkan perlombaan mata pelajaran sewaktu SMP, demi sebuah piala. Saya belajar keras dan penuh semangat untuk bisa diterima di kampus yang diidam-idamkan. Saya bekerja keras untuk kemudian bisa lulus dan keluar dari kampus yang sama, demi selembar ijazah. Saya bangun pagi, mempersiapkan CV, fotokopi berkas-berkas dan naik bus kota sambil panas-panasan supaya bisa mengikuti rekrutmen untuk diterima di perusahaan yang kata orang-orang bisa menjamin masa depan saya.

Gairah dan semangat saya dikendalikan oleh reward apa yang menanti untuk saya peroleh.

Belakangan ini saya merasa betapa lelahnya bekerja keras karena mengharapkan suatu reward tertentu. Bisa jadi reward itu memang akan didapatkan. Bisa jadi tidak.

Jika tidak, lalu perasaan yang paling normal muncul adalah kekecewaan. Dan kekecewaan adalah perasaan yang paling berhasil untuk membuat seseorang kehilangan gairah dan semangat.

Kemudian saya belajar untuk mengendalikan gairah dan semangat saya, bukan demi reward yang menanti di depan sana, tapi karena menyadari betapa banyak kebaikan yang sudah saya miliki. Jadi saya tidak punya lagi alasan untuk merasa lelah mengejar-ngejar sesuatu, atau merasa kecewa karena tidak berhasil mendapatkan sesuatu. Justru saya punya alasan kuat untuk semangat dalam mengusahakan sesuatu karena bahan bakar rasa syukur yang sudah terisi cukup. Ini membuat saya lebih menikmati setiap usaha dan kerja yang dilakukan.

Ada cukup kebaikan dalam hidup saya. Ada yang memang saya minta dan usahakan. Ada yang diberikan cuma-cuma. Untuk itu semua, saya bersyukur. Semua sudah baik di waktu yang tepat.

One thought on “Rasa Syukur Rasa Cukup

Leave a Reply

