life

Jakarta

Mungkin siapa saja sudah pernah mendengar mengenai cerita baik ataupun buruk tentang Jakarta. Pastinya Jakarta bukanlah merupakan suatu tempat baru dan asing lagi. Ini Jakarta versi saya. Saya bertumbuh dan besar di Depok, tidak tepat di Jakarta memang, tapi dengan gaya hidup yang hampir sama dengan kehidupan kota Jakarta. Disamping itu saya menghabiskan masa SMA saya di kota besar ini sehingga Jakarta bukanlah kota asing dan menakutkan bagi saya.

Kota ini mengajarkan saya dengan keras bagaimana harus hidup. Kota ini mengajarkan bagaimana bergerak cepat dan penuh percaya diri. Kota ini menjabarkan dengan jelas di depan mata saya adanya kesenjangan yang begitu ekstrim. Kota ini hampir tidak rela membuatmu sekedar duduk dan merenung karena segala sesuatu nyata.

Saya sendiri merindukan suatu kehidupan yang bergerak lebih lambat sehingga memiliki waktu lebih untuk menikmatinya. Tapi Jakarta mengajarkan kepada saya bagaimana menikmati kehidupan disaat segala sesuatu tidak ideal. Macet. Polusi. Demo. Banjir.

Tapi saya bersyukur pernah hidup di kota ini selama hampir 20 tahun dan masih di kota ini sampai saat saya menulis artikel ini,namun tidak berencana untuk menghabiskan sisa hidup saya di kota ini. Saya belajar bahwa hidup memang keras, ya kenyataan yang sulit diterima memang. Saya belajar bahwa diperlukan kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat terus maju sementara begitu banyak keterbatasan diri. Saya belajar bahwa toleransi sangat diperlukan dan belas kasihan masih merupakan hal yang sangat mahal.

Jakarta adalah sebuah realita akan kota megapolitan dengan kemewahan dan keterpurukan yang nyata, dimana saya.. banyak belajar tentang hidup.

3 thoughts on “Jakarta

Leave a Reply

