love life · wanita · with friends

Surat Untuk Kawanku yang Jatuh Cinta Lagi

20 Mei 2010, 14.30.

Cinta memang mendebarkan. Ada sensasi asing yang menggelitik leher tepat di bawah telingamu. Apa istilah yang kalian sebut dalam balas-balasan bahasa cinta kalian? Romantisme? Apapun!

Tapi kamu tetap butuh teman sejati, sayangku. Yang setia dan dapat diandalkan tak terbatas waktu dan tempat. Kamu tidak pernah tau apa yang akan terjadi kemudian selain kenyataan bahwa, ketidakpastian adalah hal yang pasti selama kita masih berpijak berputar bersama sang bumi. Aku hanya tidak cukup kuat jika harus melihatmu sakit hati. Jatuh karena ditinggalkan sang pecinta. Aku pun tidak cukup bisa diandalkan untuk sepenuhnya dapat melegakan haus hatimu akan sentuhan cinta. Pelukan dariku hanya bisa membantumu menumpahkan kebingunganmu akan realita yang terasa kejam. Apa lagi? Aku bisa mengusap air matamu. Dan kemudian menggenggam jari-jarimu. Memelukmu kembali. Itu saja. Aku tak bisa dan tak pernah bisa menyentuh luka hatimu yang terlalu dalam.

Sekali lagi, sayangku. Kamu tetap perlu mencari teman sejati. Carilah dan dapatkanlah sebelum hatimu dan hari-harimu diusik seorang pria lain. Aku dan kamu, seringkali bodoh. Mungkin memang kita diciptakan sebagai makhluk bodoh yang takut kehilangan dan tunduk pada cinta. Kita tidak pernah bisa menerka arti dari pikiran-pikiran mereka yang terdalam. Kita tidak pernah bisa mengerti niatan kotor di balik hati dan celana jeans mereka. Yang kita kenal hanya cinta. Dan itulah yang membuat kita terlihat bodoh. Sambil melangkahkan kaki pulang ke rumah dan berurai air mata tanpa ada lagi harapan mulia. Yang ada hanya kosong.

Sayangku, kamu tidak perlu curiga pada setiap pria. Tidak perlu pula pesimis dengan kisah cinta termanis yang mungkin bisa kamu ciptakan bersamanya. Kamu hanya perlu, lagi-lagi, mendapatkan teman sejati. Dia akan membantumu menjadi bijaksana dengan cinta. Tak apalah kalau orang-orang tua itu mengejek kita dengan sebutan budak cinta. Apa boleh buat? Itulah kenyataannya. Kita terlalu asyik dan menikmati sensasi cinta. Tapi teman sejatimu akan menolongmu dan mengarahkanmu pada cinta yang tulus. Sehingga tidak ada yang perlu diperbudak di sini. Dan kamu bisa menikmati cinta tanpa banyak intervensi dari pekerjaan hormon.

Jadi sayangku, kita selalu perlu semacam restore point. Yah, mungkin itu kata yang tepat untuk dikatakan di jaman milenium yang serba abu-abu ini. Tidak hitam. Tidak juga putih. Sehingga segalanya berkabut dan tak dapat diraba. Restore point yang dapat membantumu kembali ke titik awal dirimu. Tanpa sakit dan luka hati. Tanpa emosi yang menggebu-gebu dan pikiran yang sudah termanipulasi. Ketika hanya ada cinta antara dirimu dan teman sejatimu.

Cinta yang lugu. Karena keluguan adalah definisi cinta bagi kita. Tanpa polesan motivasi yang tak lagi murni. Kita menikmatinya sebagai kesenangan dan mengharapkan keabadian. Dia yang bercinta saat ini bersamamu, belum tentu mampu memahaminya. Memahami bentuk cinta sesederhana dan sedangkal pikiran kita yang bodoh. Karena kebanyakan dari mereka terlalu sibuk berurusan dengan metabolisme tubuhnya yang seringkali meluap-luap tak terkendali.

Sayangku, teman sejatimu akan melindungimu. Membantumu menghindari coretan merah tua tak karuan yang akan merusak hasil karya masa depanmu yang damai. Juga menghindari dirimu menyerahkan mimpi-mimpi besarmu di gudang berdebu dan menguburkannya dalam kesepian.

Untuk kawanku yang melayang bersama balon-balon hati merah muda Heart.

Ditulis bersama lagu I Found A Reason – Cat Power Photobucket

14 thoughts on “Surat Untuk Kawanku yang Jatuh Cinta Lagi

  1. Setuju teman sejati memang dibutuhkan selain pasangan hidup. Aku sering ngeliat kalo orang dah berumah tangga trus gak punya temen selain ibu2 arisan yang gak nyambung kesannya kasihan banget, seharusnya kita tidak memutus tali persahabatan hanya gara2 kita punya pacar atau menikah (hehe…nyambung gak sih?)

    1. wow pendek sekali, hanya 4 huruf + 1 emoticon😛

      Kasihan dong kak Dwi udah nulis panjang lebar luas tinggi tapi komentarnya SPD (singkat padat djelas).

      1. heh protes aje ni anak😀
        itu artinya kk khabisan kata2 karena dalamnya tulisan dia, dan kasih yg dia tunjukkan buat temannya😀

  2. Dwi,pilihan kata2 mu..hooo hebat iih!! jadi penasaran, ini surat ditujukan buat siapa ya?hmmm…

    Anyway,fashion blogger?hihihi,tau niih,tapi jgn kasi tau anak2 yaa,malu akuu wi😀

  3. sahabat selalu ada setiap saat….
    aku buat perjanjian sama temen2ku,, kalo ada yang udah pada jadian,, awasss ajaaa kalo pada jadi autis sama pacarnya masing-masing,, hahahahahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s