life · merenung · with Him

JIKA

Apa kamu pernah mengeluh jika berada di situasi tidak menguntungkan? Kondisi terjepit dan segala sesuatu seperti terlihat buntu. Saya pernah! Sering sekali bahkan. Maka di kondisi seperti ini yang berulang kali muncul adalah kata-kata “JIKA”.

Jika saya tidak melakukan hal itu, maka semuanya tidak akan berakhir seperti ini.
Jika saya tidak mengambil langkah itu, maka pasti saya akan lebih berbahagia hari ini.
Jika saya memberikan dia kesempatan, maka segala sesuatunya tidak akan runyam.
Jika saya bukanlah saya yang seperti saat ini, maka hidup pasti akan lebih indah untuk dijalani.

Penyesalan selalu ada. Tapi manusia harus selalu belajar ke arah kesempurnaan. Walau tidak ada manusia yang sempurna, tapi hal itu seharusnya tidak menjadi penghalang atau pembenaran untuk setiap individu selalu belajar untuk menuju kesempurnaan. Dan penyesalan seharusnya menjadi pelajaran berharga untuk perjalanan hidup selanjutnya.

Lagipula, siapa yang bisa memastikan kalau kondisi terjepit saat ini akan memberikan kamu hari depan yang semakin suram? Dan siapa yang bisa memastikan kalau kata-kata “jika” itu terpenuhi, hari depan kamu akan menjadi lebih cerah?

Tuhan punya misteri akan hidup ini.
Dan kabar baiknya, Dia sanggup mereka-rekakan kondisi suram saat ini menjadi masa depan yang cerah.

One thought on “JIKA

Leave a Reply

