kuliah · life · with Him

Sudah Sarjana

Sudah Selesai!!
Akhirnya perjuangan panjang di kampus ITB terselesaikan juga.

15 Januari 2010, hari Jumat kemarin, merupakan hari dimana saya akhirnya harus mempertanggung jawabkan Tugas Akhir saya.

Dengan dosen pembimbing saya, Pak Budhi Prihartono, dan juga dua dosen penguji, Pak Aso Kusumah dan Pak Arie Samadi aka Pak Cok.

Anehnya, detik-detik menjelang sidang tidak membuat saya merasa tegang sedikit pun. Saya percaya banyak orang yang berdoa untuk saya🙂. Terimakasih untuk semua teman-teman dan keluarga. Saya percaya saat saya masuk kampus ITB, hal ini adalah bagian dari rancangan Tuhan. Saya memulainya bersama dengan Tuhan dan saya percaya bahwa saya akan mengakhirinya dengan indah bersama Tuhan juga. Dia bertanggung jawab dengan seluruh perjalanan kehidupan saya, termasuk masa-masa berada di kampus ini. Jadi saya yakin kalau sidang ini pun akan saya lalui bersama Tuhan. Jadi untuk apa takut?!! I have no reason to be afraid of man or destiny.

Sidang dimulai pukul 13.10 dan berakhir pukul 14.30. Segala sesuatunya berlalu sangat cepat disini. Dan anehnya, saya juga tidak mengalami ketegangan. Sidang berjalan lancar. walau saya sempat dibantai dan tidak tahu harus memberikan jawaban apa. Akhirnya sidang pun berakhir. “Pak, Bu, anak bungsumu ini sudah sarjana!”


Saya sempat merasa gagal. Merasa kalah. Kecewa. Saat satu per satu teman-teman lulus mendahului saya dan meninggalkan saya. Saat satu per satu teman-teman mulai melangkah ke tahap selanjutnya dalam hidup mendahului saya yang masih berkutat dengan persoalan Tugas Akhir ini. Saya bertanya kepada Tuhan, “Kenapa Tuhan membiarkan saya merasa seperti ini?”

Tapi saya mendapat hadiah tambahan dari Tuhan. Bukan sekedar kelulusan, gelar Sarjana Teknik, ataupun memperoleh nilai A. Saya memperoleh pelajaran tentang penyerahan diri seutuhnya kepada Tuhan. Tentang percaya, bahwa waktuNya dan rancanganNya memang indah. Tentang arti bersabar. Tekun. Tidak putus asa. Saya belajar untuk tidak melewatkan satu detik pun dalam hidup ini tanpa sesuatu yang berarti.

Satu tahap terselesaikan. Bumi tetap berputar mengelilingi matahari. Matahari tetap terbit dari timur. Tetap ada tahapan berikutnya yang harus dilalui. Dengan beban tersendiri. Dengan kebahagiaan dan kesusahannya sendiri.

Tapi Tuhan selalu bersama saya melalui segala sesuatunya.

Terimakasih untuk teman-teman yang sudah hadir pada sidang saya. Ivan. Sarah. Sio. Dian. David. Bang Atur. Keffi. Rebecca. Tice. Dita “Toil”. Atis. Benny. Ruth. Arfah. Christin. Yona. Ferry. Bang Gerry. Rega. Octa. Adi. Yosi. Gita. Amot. Karin. Hanicong. Wilson.

Juga terimakasih untuk teman-teman yang hadir dalam latihan sidang saya. Terimakasih mau mendengarkan. Memberi masukan dan kritikan. Untuk Ivan. Gita. Dita “Toil”. Gea. Dias. Tety. Christin. Keffi. Tice. David. Aat. Dan Pak Aso pastinya.

10 thoughts on “Sudah Sarjana

  1. Slamat yah kak Dwi,,, daku baru tau loh kak malam ini,, di tengah2 permainan pointer di home fb,,, Turut bahagiaaa daku kak… Skali lagi slamaaat yaaah,,,!!

    Tp sedikit kecewa kak Dwiratih,, dikau tak mengabariku hari sidangmu,, (salahku juga g up to date.. -,-‘) Padahal kan layaknya Bang Kiki daku juga pengen turut hadir di hari bersejarahmu itu,,, T,T

    Tapi baiklah,, kelak daku tak akan lupa mengabarimu hari sidangku,,, (amiiinn),, doakan daku yah kak!! GBU

  2. trimakasi petra..mikha..bevebe…

    bvb..maaaafff skali..tak ada maksud tak mengabarimu, nak..
    beneran lupaaa..lupa…kirain uda tau dari gosip2 (sok selebritis)…
    maaf yaaaa😦
    iya, kabari aku ya kalo mau sidang😉
    I’ll pray for youuuu..

  3. ka dwi selamat yaaaaaaaaa…
    roy beif,maafkan aku yg juga lupa menghubungimu..

    ka dwi doakan kami dalam masa pengerjaan TA yaaaa..

    semoga sukses seperti ka dwi..
    beif: ka dwi nilainya AAA,,hebat kan…

    sukses selalu ka dwi..
    Tuhan memberkati

  4. Syukurlah kamu menyelesaikannya dengan sangat baik. juga tentang pelajaran2 yang jauh lebih berharga dari sekedar TA yang kamu alami. nilai2 itu lebih kekal dan sangat perlu dikejar. sekali lagi selamat ya

  5. mantap wiii..
    tapi ingat selalu bahwa ini bukan lah akhir melainkan awal dari dunia real itu yang sesungguhnya…
    struggle di luar sana pasti lebih deras dibandingkan masa2 “nyaman” kita di kampus..hoho..
    tetap semangat dwi!
    ditunggu cerita2 dan sharing2 yang lain…
    btw, foto paling bawah bunganya bagus juga yah..heheh
    Gbu

  6. Damai di bumi skuacita di surga. Banyak Selamat ya:)… Berarti skrg tinggal realisasi cita-citanya ya?? Kalau tidak salah mendirikan sekolah dan rumah sakit😛. Semangat n sukses selalu ya!!
    God Bless…

  7. “Satu tahap terselesaikan. Bumi tetap berputar mengelilingi matahari. Matahari tetap terbit dari timur. Tetap ada tahapan berikutnya yang harus dilalui. Dengan beban tersendiri. Dengan kebahagiaan dan kesusahannya sendiri.

    Tapi Tuhan selalu bersama saya melalui segala sesuatunya.”

    i love this statement…. =)
    so what’s next? hehehe……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s