kuliah · quotation

Play With Statistic, Play With Numbers

TA saya mengandung banyak hal tentang statistik. Yup, inilah letak ketakutan terbesar saya menjelang sidang seminggu lagi. Saya bukan penggemar statistik apalagi seorang ahli. Kenapa ada persoalan statistik di TA saya hanya karena teori saya cuma bisa dibuktikan dengan perhitungan statistik. Statisik deskriptif. Analisis multivariat. Structural Equation Modeling.

Saya jadi teringat waktu masih berkuliah di tingkat dua. Waktu itu saya mengambil mata kuliah Statistika Industri. Dosen yang mengajar adalah dosen muda bernama Pak Titah Yudhistira. Cara mengajarnya saya suka. Ditambah dengan wajahnya yang good looking, gayanya yang anteng dan sedikit dingin. Saya dibuat terkagum-kagum dengan apa yang bisa dilakukan statistik terhadap kehidupan ini. Tapi apa daya, otak saya terlalu terbatas untuk bisa memahami apa yang dia sampaikan.

Putus asa dengan statistik. Anova. P-value. Distribusi normal. Distribusi F. Chi-square. Probabilitas. Uji hipotesis. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku “Kartun Statistik” karangan Larry Gonick, yang terkenal dengan “Kartun Riwayat Peradaban”-nya. Dan ajaib sekali memang buku komik ini. Pemahaman saya mengenai statistik perlahan-lahan mulai meningkat. Hal-hal rumit tentang statistik dan probabilitas yang dijabarkan di buku kuliah karangan Ronald E. Walpole menjadi lebih mudah dimengerti dengan “Kartun Statistik” ini.

Ada paragraf bagus yang mau saya kutip dari buku ini.

“Tetapi yang membuat statistik hampir sama menantang dengan memasak adalah variasinya. Ibarat koki yang piawai, si ahli statistik bisa mencecap bahan-bahan yang ditemukan dalam suatu masalah dan menemukan cara paling mujarab untuk mengolahnya menjadi sebuah resep statistik. Seperti ‘mana saus binomialnya?’

Buku ini juga mengungkapkan bahwa statistik adalah ilmu yang “tidak bisa dipercaya”. Seperti kita tahu, banyak kebohongan yang bisa direkayasa dengan menggunakan statistik. Untuk memahami ilmu ini dibutuhkan banyak kesabaran, sejumlah gagasan, dan toleransi untuk aljabar.

Ada seorang pria dan wanita yang sedang kencan di suatu restoran.
wanita : -bicara dalam hati- “Apa aku pesan sup saja ya? Makanan yang lain mahal sih, lagipula belum tahu siapa yang bayar… Orang statistik pelit ga? Aku belum pernah kencan dengan ahli statistik.. Tetapi dengan akuntan yang sangat royal sih sudah..”
pria : -bicara dalam hati- “Pesan sup apa tidak ya? Dari 36 kali makan sup, 27 kali diantaranya enak… Tapi apakah pada hari Senin koki yang biasa memasak libur? Dan apa yang terjadi jika semua molekul udara dalam ruangan mendadak terbang sampai ke langit-langit?”
wanita : -bicara kepada pelayan restoran- “Aku pesan sup!”
pria : -bicara kepada pelayan restoran- “Eh..bisakah anda bawakan saya kalkulator?”
pria : -setelah berhitung- “Pilihan yang bagus! Aku 95% yakin bahwa pada malam ini probabilitas sup sungguh-sungguh enak antara 73% dan 77%.”

Jadi, buat apa saya takut menghadapi sidang nanti? Dari sekian banyak pembahasan dalam TA saya dan berdasarkan data masa lalu tentang jumlah dosen yang bertanya mengenai statistik pada sidang Tugas Akhir mahasiswa S1, saya 90% yakin bahwa probabilitas dosen penguji akan menanyakan masalah statistik pada sidang saya nanti hanya sekitar 20% sampai 25%. Angka yang cukup besar!! Aaaarrrggghhhhhh!!

3 thoughts on “Play With Statistic, Play With Numbers

  1. kamu yang mengerjakan TA mu sendiri. kamu akan bisa menghadapi sidang itu. itu adalah karyamu. orang lain itu pingin tau dan memberi masukkan. berdoa, berpikir positif dan percaya diri. itu kuncinya. kamu pasti bisa. aku percaya itu! semangat!

  2. sama kayak mika…
    semangat ka dwi..
    ketakutan itu dibuat oleh diri kita sendiri..
    kadang cuma bikin heboh ajha..
    hoho…
    jadi tetap berserah,,
    semangat ka dwiiiiiiiiiiiii……….
    jangan lupa ruangannya diurus..

Leave a Reply

