life · merenung

How Lucky I Am!!

Pagi itu, selagi menanti giliran foto di Jonas untuk foto angkatan, saya menemani salah satu teman saya untuk menikmati segelas kopi di salah satu kafe kopi di sana. Tak sengaja saya membuka-buka salah satu majalah ABG yang terletak di atas meja dan terpana dengan satu halaman yang menceritakan tentang penyakit-penyakit unik yang ada di dunia ini. Tiga penyakit yang menyita perhatian saya adalah Chiari Malformation, Aquagenic Urticaria, dan Cataplexy. Otomatis saya langsung mencatat ketiga penyakit itu di telepon selular saya.

Pagi ini, ketika saya hendak membersihkan telepon selular saya dari pesan-pesan masa lalu, saya membaca kembali tiga penyakit tersebut. Dan dengan antusias, saya mulai mencari-cari apa sebenarnya Chiari Malformation, Aquagenic Urticaria, dan Cataplexy.

Google, Wikipedia, situs resmi komunitas penderita, situs rumah sakit, sampai blog orang lain saya kunjungi dan saya baca. Tiga penyakit ini menyita perhatian saya lebih dari TA saya sendiri.

Banyak definisi ilmiah kedokteran yang rumit dengan begitu banyak istilah “unordinary” sehingga tidak akan saya tuliskan definisi rumit tiap penyakit itu. Untuk memudahkan membayangkan saja saya akan gambarkan ketiga penyakit itu. *Dengan bahasa yang biasa keluar di pelajaran Biologi SMA, semoga masih ingat ya.

Chiari Malformation adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf pusat yang meliputi otak dan sumsum tulang belakang. Adanya kelainan atau cacat pada tube closure otak yang dapat mencegah otak berkembang dengan normal dan utuh. Kemudian cacat tersebut akan menyerang tulang belakang dan mengakibatkan spina bifida (penyakit saraf pada tulang belakang) di bagian punggung (Spina bifida ini erat hubungannya dengan Hydrochepalus). Tube closure yang tidak sempurna juga akan menyebabkan tonjolan di saraf tulang belakang dan kelainan pada meninges (sistem membran yang melapisi sistem saraf pusat). Bekas operasi dari penderita penyakit ini adalah jahitan di sepanjang punggungnya (saya tidak tampilkan fotonya karena mengerikan sekali). Seperti kita ketahui sistem saraf pusat memiliki fungsi sebagai pengatur rasa mengantuk, emosi, sistem sirkulasi tubuh, pernafasan, bahkan berbicara. Jadi Chiari Malformation adalah gabungan dari spina bifida bahkan meningitis. Penderita Chiari Malformation tidak dapat mengontrol tubuh dan emosinya sendiri. Kasus Rhett Lamb, seperti yang banyak diceritakan di beberapa blog dan majalah, adalah penderita Chiari Malformation yang tidak dapat tidur walau hanya sekejap saja. Bayangkan usianya baru 3 tahun dan dia sudah mengalami kesulitan tidur.

I bet you’ve already get bored with my posting. Baiklah, akan saya jelaskan dengan singkat untuk dua penyakit selanjutnya.

Cataplexy adalah kondisi dimana seseorang, apabila mengalami emosi berlebihan, maka ototnya akan melemah. Maksud emosi berlebihan di sini adalah terlalu gembira, terlalu ketakutan, terlalu kagum, terlalu terkejut. Ketika mengalami emosi-emosi ini secara berlebihan, maka penderita akan pingsan tiba-tiba.

Aquagenic Urticaria biasanya digambarkan sebagai penyakit alergi dengan air. Alergi ini lebih kepada sensitif yang berlebihan terhadap ion-ion pada air yang tidak melalui proses penyulingan sehingga penderita sulit untuk mandi, kena hujan, bahkan berenang. Alergi ditunjukkan dengan bintik-bintik dan rasa gatal di seluruh tubuh antara 15 menit sampai 2 jam.

Kembali saya berpikir, how lucky I am!!

Saya bisa dengan bebas mengatur kapan saya mau tidur. Saya bisa tidur dengan tenang, entah tidur siang ataupun malam hari.

Saya bisa menikmati setiap emosi, terlalu gembira ataupun terlalu sedih tanpa harus melewatinya dengan pingsan tiba-tiba.

Saya bisa mandi dan berenang, kegiatan yang saya pikir biasa saja dan tidak membuat saya bersyukur bisa melakukan keduanya.

Semoga pembaca sekalian pun bisa ikut merasakan rasa syukur yang saya rasakan saat ini.

9 thoughts on “How Lucky I Am!!

  1. terimakasih sudah begitu baik membagikan info-info penyakit ini. Mendengar namanya saja baru pertama kali. Dan lewat info dari postmu ini. Saya menjadi sedikit merenung.
    Pada akhirnya. Hidup ini memang sejak semula adalah anugrah Tuhan. Kalau kita lahir seperti A, dengan bentuk B, fisik C, dan seterusnya. Itu semua layak kita syukuri senantiasa. Kita memang tak dihadapkan pada pilihan sebelum lahir, “Aku mau lahir dengan mata biru dong Tuhan!”, atau “aku mau rambut gelombang kayak artis-artis hollywood dong!”, dan seterusnya.
    Yang bisa kita lakukan adalah bersyukur pada Tuhan. Kesehatan dan kondisi fisik yang kita miliki seharusnya semakin memperkuat alasan kita untuk bersyukur, bersyukur dan bersyukur.
    Pencipta ingin kita bersyukur dengan apa yang sudah Ia tetapkan atas tiap kita. Terimakasih untuk postingan ini!

  2. Hhhhhmm,,,komen apaa yaa??!!!
    Ga tau aaaah…ehehee…
    Tp kata dwi,,gw disuruh komen gini: pinter biologi jg lo,,Wi….!!!

    (Tuuh,,Wi…gw ud komen,,ehehee….mw bayar gw brapa niiih???Kan ud muji lo pinter biologi,,,wekekeekek…..)

  3. @bang tigor : iya.aku juga baru tau bang..penyakitnya unik2 banget..
    tapi kan rambut aku uda bergelombang kayak artis-artis hollywood itu..haghaghag..

    @cyndi : hahahhaa..itu kan contoh ndi..biologi gw mah nyampah doang..makanya ga jadi ambil FK kan…

    @petra : memang pet!! anda benar!!

  4. yes, how lucky you are dwi, bahkan sepertinya lebih lucky dari saya…:)
    saya sering mengalami susah tidur ni…sampe housemate saya kadang kecian sama saya yang selalu kurang tidur…kantorng mata saya malah smakin lama smakin kliatan, tampak lelah…tau ni…:) jadi saya siasatin dengan baca buku sebelum tidur sampe mata saya capek…hehe…kecian ya saya:)
    tapi untungnya saya tidak pengidap penyakin kedua dan ketiga,,,emosinya masi bisa dikendalikan lah, hehe…
    btw, good post, uraian dan research yang mendalam:)

  5. @kak enta: hhahhahhaha..postingan ini tidak dilakukan dengan research kok..hihiiii.. cuma meramu dan merangkum dari beberapa informasi yang ada aja..

    @wijoyo: waaah…aku sendiri blum liat videonya tuuh..mengerikan pastii!!

    @mikha: alergi air yang tidak melalui proses penyulingan mik…entahlah ya..
    coba cari lebih dalem deh..mereka tetep aman untuk minum kok..maaf ya ga lengkap infonya..

Leave a Reply

