melankolis · merenung · with family · with friends · with Him

People Come People Go

Saya akhirnya mengikuti acara wisudaan dari himpunan mahasiswa Teknik Industri (MTI), Sabtu (18 Juli 2009), dari awal sampai akhir. Biasanya saya hanya sekedar menonton performance dari tiap angkatan dan pulang saat mulai renungan. Tapi kemarin, saya memutuskan untuk tinggal sampai renungan berakhir. Walau jam sudah menunjukkan pukul 11.28 malam dan renungan berakhir hampir pukul satu dini hari, saya merasa tidak rugi sama sekali mendengar renungan yang diucapkan oleh mereka, para wisudawan dan wisudawati, teman-teman saya sendiri.

Renungan juga diisi dengan banyak ucapan terima kasih untuk orang-orang yang sudah banyak memberikan kesan dalam melalui masa-masa di kampus ini.

Saya jadi sedikit merenung. Tuhan memang memberikan orang-orang tertentu, di waktu tertentu, di tempat tertentu, dengan tepat.

Beberapa orang pernah mampir sesaat dalam hidup kita dan kemudian pergi, sekedar untuk menghibur atau menguatkan. Ada juga orang-orang yang memang diletakkan Tuhan untuk menemani kita dalam jangka waktu yang cukup panjang, untuk mengerti apa itu komitmen dan kesetiaan. Ada yang hadir untuk menceriakan hari-hari. Ada yang hadir untuk mengajak berpikir. Ada orang-orang yang dihadirkan untuk bersama-sama melalui suatu perjuangan tertentu dan berakhir dengan perpisahan untuk menempuh perjalanan hidup yang berbeda. Ada juga yang menolong. Ada yang menempa mental kita.

Yang pasti saya tahu, Tuhan meletakkan orang-orang yang sungguh-sungguh mengasihi saya dan bisa saya kasihi, untuk bersama-sama menikmati hidup dan belajar. Belajar bahwa hidup adalah anugerah. Bahwa hidup adalah tentang Sang Pemberi Hidup itu sendiri, yang dengan kebaikanNya mengijinkan mereka-mereka hadir dalam hidup saya.

Buat saya sendiri ini merupakan pelajaran untuk selalu memberi diri kepada siapapun, acquaintance, friends, best friends, family, class mate, house mate, yang memang membutuhkan kehadiran saya. Terkadang untuk memberi pertolongan. Terkadang memeluk. Terkadang untuk mengingatkan dengan keras dan menasehati. Terkadang untuk hanya sekedar bercanda.

Kita tidak pernah tahu kapan mereka akan diambil dari hidup kita untuk mengisi hidup orang lain. Jadi bersikap manis lah untuk siapa pun yang kamu temui hari ini. Percayalah, walau hanya untuk sekedar tersenyum dan menyapa, mereka punya arti dalam hidup kita.

5 thoughts on “People Come People Go

  1. semakin memperkuat pendapat bahwa tiap pribadi berharga..
    tiap individu (baik yang tampak ‘wah’ di depan publik,atau seseorang yg keliatan hanya ‘penghias’ -maksud low profile-),semua itu berharga!

    Dan skalian ingin mendukung pernyataan sdr Mikha_v.Tak pernah ada yg kebetulan.Tidak ada kebetulan di dalam planning Pencipta.
    ^^

  2. ka dwi…
    aku yakin semua orang yang kita temui pasti berharga dalam hidup dalam mewarnai dan membentuk kepribadian kita..

    senang bisa bertemu, mengenal,dan berbagi cerita hidup bersama ka dwi…
    hehehe…

    GBU,kaaa😉

  3. Hohoo,,gw stuju..
    Emang kbetulan itu kyanya ga ada deeh…sekecil apa pun peristiwa yg terjadi dalam hidup kita,,itu semata-mata karena rencana Tuhan…
    Emang ga gampang untuk menyelami apa yg ada di dalam rencana itu…
    Kadang kita ga bisa langsung sadar & mengerti… (siapa juga yg bisa baca pikiran Tuhan??!! Ya kan??)
    Akan lebih mudah untuk menyadari maksud dari Tuhan lewat kehadiran orang2 yang membawa kebahagiaan buat hidup kita…tapi kalau orang tersebut datang dan meninggalkan luka…kadang awalnya kita merasa tidak terima & cenderung menyalahkan Tuhan…tapi seiiring dengan berjalannya waktu,,,kita bisa berpikir & belajar dari pengalaman itu…sampai akhirnya kita mengerti apa maksud di balik smua kejadian yang terjadi dalam hidup kita…
    Yang jelas siih,,kita harus tetep bersyukur apapun yg terjadi…& sebisa mungkin selalu ingat…bahwa rancangan Tuhan buat hidup kita…itu pasti yg paling baik….Kita cuma harus tetap percaya…. 🙂

Leave a Reply

