merenung · wanita

What Woman Worrying About

Hari ini saya membuka laptop saya, Charlotte, dan melakukan salah satu ritual di setiap pagi. Cek e-mail. Ada e-mail dari Oprah Magazine, yang memang selalu datang hampir setiap hari. Namun kali ini cukup menarik perhatian sehingga saya membiarkan tangan saya mengarahkan mouse bukan untuk men-delete-nya tapi untuk membuka e-mail tersebut. Judulnya “5 Things Every Happy Woman Does (Worrying Isn’t One of Them).”

Lagi-lagi wanita. Saya sendiri selalu tertarik dengan hal-hal yang memiliki relasi dengan wanita. Kebiasaannya. Emosinya. Hobinya. Pikirannya. Temperamennya. Kecantikannya. Ambisinya. Impiannya. Sifatnya. Aktivitasnya. Perannya.

Jika saya melihat suatu kejadian dimana wanita diperlakukan tidak adil, darah saya ini langsung mendidih, berbuih, dan meledak. Jika saya melihat seorang wanita diperlakukan manis, my heart will melt automatically.

Sekarang saya akan bicara tentang kekuatiran seorang wanita. Di bawah ini adalah lima hal yang menurut saya menjadi kekuatiran seorang wanita. Setiap orang boleh punya pendapat yang berbeda karena setiap wanita memang memiliki kekuatirannya masing-masing. 5 Things What Woman Worrying About, versi saya adalah sebagai berikut :

  1. Direndahkan (dipermalukan, diolok-olok, dihakimi)
  2. Dikhianati (dibohongi, tidak memegang janji)
  3. Tidak diterima (ditolak keberadaannya)
  4. Tidak diacuhkan (dicuekin, tidak didengarkan, tidak dihargai)
  5. Dibanding-bandingkan

Kenapa saya tidak menyebutkan “Takut Gagal”? Karena wanita tidak takut gagal sebenarnya. Mereka hanya takut karena kegagalan, maka mereka akan direndahkan, menjadi tidak diterima, menjadi tidak diacuhkan, dan kemudian saat dibanding-bandingkan, mereka berada di bawah rata-rata.

Wanita masa kini, disebut sukses, jika memiliki kecantikan luar biasa dan karir yang melesat maju. Begitu banyak usaha yang dilakukan wanita untuk memperoleh keduanya. Perawatan dengan biaya seabrek-abrek dan mengorbankan jam-jam istirahatnya untuk lembur. Usaha gila-gila-an yang dilakukan para wanita ini, saya lihat hanya sebagai kompensasi dari kekuatirannya tersebut.

Tidak salah memang jika pada akhirnya ada wanita yang memiliki keduanya. Lakukanlah jika hal itu sungguh-sungguh menjadi cita-citanya. Tapi yang menyedihkan adalah ketika wanita berusaha keras untuk mencapai hal itu hanya untuk menutupi kekuatirannya tersebut.

Apa yang bisa dilakukan dunia terhadap mereka jika, kecantikan saya miliki, karir yang baik saya miliki, uang saya miliki. Di titik ini, wanita akan merasa sempurna, mandiri, dan utuh. Mereka pikir dunia tidak akan merendahkannya lagi, tidak akan mengkhianatinya, mereka akan diterima dimanapun, dan jika harus dibanding-bandingkan, maka mereka berada di tempat yang agung.

Orang-orang bilang, big girls don’t cry. Wanita, semakin dewasa, semakin dituntut untuk terus tegar dan menjadi ciptaan yang teguh hati. Tapi akan buruk akibatnya jika wanita justru menjadi ciptaan yang keras hati. Wanita tetap akan menjadi wanita. Feminin. Lemah lembut. Perhatian. Peduli. Penolong.

Big girls must cry. Air mata, baik saat berbahagia atau pun saat terpuruk, bukan kelemahan wanita tapi kekuatannya. Jadi para wanita, jangan malu untuk menangis. Itu sisi yang indah dari kewanitaan anda. Temukan kekuatan bersama dengan mengalirnya air mata anda. *Sedikit pembenaran untuk saya yang memang banyak menangis😀

Satu lagi, untuk para wanita yang membaca postingan ini. Singkirkan kekuatiran kalian! Mari menjadi wanita yang maju dan mandiri tanpa dikuasai rasa kuatir. Itulah kesuksesan kita sebagai wanita yang sempurna.

Dan tetap tersenyum🙂. Simple. Cheap. Easy way. To be beautiful.

4 thoughts on “What Woman Worrying About

  1. Ka dwi,,
    I 100 % agree..
    ternyata aku baru nyadar kalo wanita itu punya banyak kekhawatiran..
    haha,,,
    mungkin kekhawatiran itu salah satu yang mendorong munculnya sikap PANIK dalam diriku saat sesuatu berjalan tidak sesuai yang diharapkan.
    Ka dwi tau sendiri kan aku kyk apa, panikan, cengeng, cepet ngeluh…
    hahaha,, tapi semuanya itu memang harus dilalui dalam proses mengembangkan keutuhan sebagai seorang wanita bukan kekerasan hati..

    hahaha…

    ka dwi emang paling jago dan semangat klo udah mengulas masalah wanita,
    tinggal ngajak sio ngeliat dan komen ajha,,
    rame deh..
    hehehe😉

    semangat ya,kaaa..
    satu tag line sebuah iklan yang aku suka:
    Dont worry Be Happy🙂

  2. lo yakin wi wanita tidak takut gagal?im not sure
    haha

    Feminin. Lemah lembut. Perhatian. Peduli. Penolong.
    ooopss.no comment deh

  3. I love your last word..
    “tetap tersenyum,
    Simple,cheap,easy way to be beautiful”

    Then i realized that u are rite.. I love woman’s smiling.. Attract my heart most..
    Keep smiling girls! Bad times,good times, or even when ure worrying about something..
    Look beautiful all the way..
    Hoho

  4. @keffi : hayuk keffi..sama2 belajar jadi wanita-wanita luar biasa😀

    @becca : hm…untuk gw, gw yakin bek.. Tapi emang harusnya kita definisikan dulu sukses dan gagal itu apa, hehehe..

    @amudism : ini theo ya?? Ah..tertarik sama cewe “suka tersenyum” yang mana siiih?? Theo is in love… That’s why the world becomes brighter…hihiiihii

Leave a Reply

