merenung · with Him

Sudah Selesai

Hari ini adalah peringatan kematian Yesus Kristus. Individu yang mengorbankan nyawanya karena kasih yang dimilikinya terhadap umat manusia agar seluruh umat manusia memperoleh penebusan dan pengampunan dari dosa. Saat di atas salib Ia berkata “Sudah Selesai”.

Saya jadi teringat nasihat dari seorang teman, Mas Dimos namanya, yang mengingatkan saya untuk tidak mundur dan berhenti dari permainan basket yang saya ikuti kira-kira seminggu lalu.

Waktu itu kami hanya main-main basket saja, untuk senang-senang. Namun dikarenakan saya sudah lama sekali tidak main basket, saya jadi lupa dan tidak gesit di lapangan. Kebetulan teman satu tim saya jago-jago semua, jadilah saya merasa menjadi anggota yang tidak membantu sama sekali. Saya pusing dan minta diganti. “Toh hanya main-main kok,” pikir saya. Tapi saat itu Mas Dimos menasihatkan saya untuk menyelesaikan pertandingan yang sedang saya ikuti.

Sama halnya seperti hidup. Hidup adalah sebuah pertandingan. Seringkali kita merasa lelah, putus asa, dan tidak berguna. Tapi apa keputusan yang kita ambil untuk pertandingan kehidupan ini? Menyerah? Atau berjuang sekuat tenaga?

Nasihat ini benar-benar saya renungkan malamnya. Bukan hanya mengenai kehidupan yang luas ini, tapi juga untuk pertandingan yang lebih kecil. Seperti menyelesaikan Tugas Akhir, menghabiskan makanan, menyelesaikan tugas-tugas kuliah, bahkan pertandingan memaafkan seseorang.

Jadi apapun pertandingan yang sedang kita ikuti, jangan pernah menyerah! Terus berjuang hingga kita bisa mengatakan kepada orang yang memberikan tanggung jawab tersebut dan tentunya kepada diri sendiri juga, “Sudah Selesai.”

Terutama kepada Tuhan yang telah mempercayakan rangkaian hidup yang luar biasa ini. Kalau saya pribadi mau didapati setia di akhir kehidupan nanti sambil mengatakan “Sudah Selesai, Bapa.”

One thought on “Sudah Selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s