dwihut · merenung · share house · with friends

Perubahan Pola Hidup

Saat ini jam tiga kurang lima menit di jam dinding “share house”.

Entah kenapa saya tidak merasakan kantuk sama sekali. Sungguh perubahan pola hidup yang dahsyat. Biasanya saya adalah orang pertama yang tidur ketika belajar bersama teman-teman. Namun, saat ini ada tujuh teman saya tergeletak lemas di sekitar saya. Tenang saja, mereka semua masih dalam keadaan hidup dan bernafas :p

Sambil membaca handout kuliah dan textbook kuliah Perancangan Tata Letak Pabrik, mata kuliah yang akan di-ujian-kan hari ini juga jam 7 pagi. Teringat segala kesibukan di kampus yang disebabkan oleh 3 sks kuliah ini. Memang alokasinya hanya 3 sks tapi bebannya seperti sks seumur hidup. Fotunately, semuanya akan segera diakhiri hari ini juga. Fiiiuuhh!!

Kembali bicara tentang perubahan pola hidup. Penyebab utama perubahan pola hidup saya adalah tuntutan kuliah yaitu tugas-tugas yang amat sangat banyak sekali. Sebenarnya saya bukan tipe penikmat hidangan kopi karena penyakit mag yang saya derita. Tapi bahkan tanpa kopi pun saya bisa bertahan sampai pagi ini. Walau sebenarnya saya sudah tidur “ayam”tadi selama satu jam. Selain itu, karena kurang tidur saya jadi mudah sekali untuk berada dalam kondisi yang namanya “masuk angin”.

Para dosen mengatakan bahwa kondisi seperti inilah yang nanti akan kami hadapi nanti di dunia kerja. Saya merasa kondisi yang saya alami sekarang terlalu padat, tanpa tidur yang cukup, makan tak teratur, kurang waktu untuk menghibur diri. Kalau saya, memilih bekerja yang tidak harus seperti itu. Hidup saya tidak mau saya habiskan untuk hal-hal fana yang akan berakhir di masa pensiun saya nanti. Saya ingin memiliki cukup waktu untuk berpikir dan melakukan sesuatu hal yang besar. Saya tidak minta banyak kok, saya minta cukup saja.

2 thoughts on “Perubahan Pola Hidup

Leave a Reply

