kuliah · merenung

Menuju Kebebasan Finansial

Sore hari kemarin, 27 Agustus 2008, di ruang kuliah 9307, gedung FTI, kampus ITB. Saya belajar tentang Kewirausahaan dan Pengembangan Entreprise atau disingkat menjadi KPE, yang dibawakan oleh Pak Joko.

Saya belajar bahwa setiap wirausahawan harus memiliki kompetensi sebagai berikut :

  • kemampuan menekan pengeluaran dan liabilitas
  • kemampuan memupuk pemasukan dan aset

Sementara itu, gambar di bawah ini akan menunjukkan suatu pengembangan kompetensi entrepreneur.

Selama ini, kebanyakan rakyat Indonesia dididik untuk menjadi Employee (E) atau pegawai yang rajin. Sekian banyak biaya yang dikeluarkan orang tua untuk menyekolahkan, dengan harapan kelak anak tersebut dapat menjadi pegawai di suatu perusahaan bonafit dengan gaji terbilang besar. Namun, sayang sekali hanya sebagian kecil dari rakyat Indonesia yang bisa menghasilkan uang banyak lewat jalur ini. Ada kenyataan pahit yang saya ketahui, yaitu bahwa jika kita memilih jalur E ini, kita tidak bisa menjadi pegawai yang money oriented. Kenapa?

untung = pendapatan – biaya

Pendapatan bersifat minimasi. Setiap perusahaan pasti memikirkan bagaimana cara meminimasi gaji pegawainya. Sedangkan biaya bersifat maksimasi. Jadi kapan kita bisa menabung dan memupik aset?

Sementara itu, jalur Self Employee (S) biasanya ditempuh oleh orang-orang yang memiliki skill, seperti dokter, akuntan, artis, dan lain-lain. Contohnya, Tukul menghasilkan Rp 40 juta per hari, Inul Daratista menghasilkan Rp 12 juta per lagu. Sayangnya, apabila anda sakit dan orderan tidak ada lagi, maka yang anda hasilkan adalah 0 (zero). Multilevel Marketing merupakan pekerjaan pada jalur S.

Di awal kuliah, dosen saya mengajak para mahasiswa untuk berimajinasi dan menargetkan berapa aset yang ingin dimiliki di usia tertentu (biasanya digunakan acuan saat masa pensiun). Pada umumnya setiap orang ingin punya mobil pribadi, satu atau dua seharga Rp 400 juta minimal per mobil, rumah seharga sekian miliar, dan barang-barang lain. Namun, apabila kita kalkulasikan masa hidup sampai titik pensiun dan gaji yang biasanya didapatkan dari kerja sebagai pegawai, terlihat sulit sekali untuk dapat mencapai angka yang diinginkan tersebut. Maka jalur yang dapat ditempuh adalah menjadi Businessman (B). Pengertian dari bisnis sendiri adalah “anda memiliki sistem dan orang akan bekerja untuk anda”. Maka tindakan mulia yang anda lakukan adalah memberikan lapangan pekerja bagi orang lain, hitung-hitung mengurangi tanggungan pemerintah akan orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan. Kunci dari menjalankan bisnis adalah kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Inilah jalur yang menjanjikan untuk anda dapat menuju kebebasan finansial. Tahap selanjutnya adalah menjadi Investor (I), pada tahap ini uang yang anda miliki kurang lebih Rp 500 juta. Kalau belum ada, dosen saya mengatakan “cari saja calon mertua yang bersedia membiayai,” nice joke ๐Ÿ™‚ Deposito sendiri adalah tahap menjadi investor yang bisa disebut masih level playgroup.

Jalur E dan S merupakan fungsi dari fisik, apabila anda sudah tua maka anda akan sampai tahap tidak sanggup menjalankan semuanya lagi. Sedangkan B dan I merupakan fungsi dari rezeki, tinggal bagaimana anda mengelolanya saja.

Gambar disamping ini merupakan cara untuk membuat target dalam hidup anda untuk mencapai kebebasan finansial (titik X). Dari setiap poin yang ada, yaitu E, S, B, dan I, anda menginginkan berapa jumlah rupiah yang anda dapatkan nanti dari setiap jalur.

Hanya perlu diingat bahwa “Life is irreversable,” jadi jangan menyesal di kemudian hari tentang keputusan yang anda ambil saat ini๐Ÿ™‚

Jadi untuk teman-teman semua, mari jadi produsen, jangan konsumen saja. Saya juga masih belajar dan mencari-cari peluang kok๐Ÿ™‚

3 thoughts on “Menuju Kebebasan Finansial

  1. Euh…. itu kok yang E (Employee), B (Businessman), S (Self Employee), I (Investor) mengingatkan gw akan Tianshi (dan MLM lainnya) ya?
    Dulu pas lagi hot2nya Tianshi gw sering banget liat tabel beginian…
    Katanya kalo profesi gw (dokter) itu kategori S, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s