dapur

Apple Choco Yummy Pudding

Hari ini ibu saya mencapai usianya yang ke-47. Semoga panjang umur. Semakin menikmati hari-hari yang ada. Semakin sayang sama suami dan anak-anak yang cantik-cantik ini.

Karena merasa tidak ada yang terlalu spesial di hari ulang tahun ibu saya ini, maka saya memutuskan untuk membuat puding roti andalan saya. Saya belajar membuatnya pertama kali dari teman saya, Sindy (sindy lagi…sindy lagi!!!)

Namun kali ini saya buat berbeda dari puding roti yang biasa saya buat. Kali ini spesial pake apel segar sebagai toppingnya. Terlihat lebih manis kan!!!

Resepnya mudah sekali.
Roti tawar dioles mentega dan ditaburi coklat meses sperti biasanya menyiapkan sarapan di pagi hari. Kemudian potong dadu dan sebarkan dengan liar di pirek atau tempat yang akan digunakan untuk mengukus nanti.
Setelah itu siapkan adonan “srikaya” nya. Saya sebut srikaya karena hanya campuran dari telur dan susu. 3 butir telur dan 3 gelas susu cair. Kalau saya, 1 gelas susu cair dari susu kental manis dan 2 gelas susu bubuk tanpa gula, biar rasanya tidak terlalu manis. Tapi semua tergantung selera. Kemudian saya tambahkan rum dan vanili secukupnya. Campur semuanya dengan mixer.
Tuang adonan ke pirek yang sudah ditongkrongi oleh si roti-roti tadi.
Sebagai topping, potong buah apel tipis-tipis (soalnya mahal, jadi tipis-tipis aja) dan letakkan dengan indah diatas puding.
Kukus sekitar 30-45 menit.
Setelah itu masukkan ke dalam lemari es. Apple Choco Yummy Pudding lebih lezat disajikan dingin.

Pelajaran berharga kali ini. Jangan letakkan apel sebelum dikukus karena apel akan menjadi lunak dan kempes serta tidak crunchy-crunchy lagi. Letakkan apel sekitar 10 menit sebelum diangkat saja.

Selamat mencoba!!!

6 thoughts on “Apple Choco Yummy Pudding

  1. wah, tampak enak…
    boleh dicoba nih, makasih ya resep nya.
    tapi ga punya tempat kukusan juga nih >_<

    klo ga ditambah rum masih enak ga? kurang suka rum soanya.

Leave a Reply

