kuliah · merenung · with Him

etika?masih relevan KAH??

29 November 2007

22:37:58

Melanjutkan pembicaraan mengenai etika.

Kemarin, hari Rabu tanggal 28 November 2007, saya masuk ke kelas Agama dan Etika Protestan. Kuliah hari itu benar-benar bicara mengenai etika dari sudut pandang Kristen.

Homoseksual. Aborsi. Stem Cell. Euthanasia. Kloning. Hukuman mati. Dan banyak hal lain.

Selain itu tugas yang diberikan adalah pertanyaan-pertanyaan semacam, “Apabila anda bertemu dengan keadaan dimana harus memilih antara ibu atau anak yang diselamatkan, maka apa pilihan anda dan jelaskan.”

Saya pribadi menjawab, “Saya bingung. Dilema yang berat.”

Secara teori dan kepercayaan Kristen, saya tahu kalau tidak ada hak manusia untuk meniadakan jiwa manusia lain, bahkan bayi yang belum lahir sekalipun. Namun apabila berfikir lebih jauh mengenai masa depan dan resiko-resiko ke depannya, bisa saja saya memilih untuk menyelamatkan nyawa sang ibu.

Dalam situasi dan kondisi tertentu, setiap manusia pasti memiliki alasan dan pertimbangan sendiri. Manusia memang diberikan akal budi untuk berfikir dan mencari jalan keluar. Namun dibalik itu semua, seringkali banyak mukjizat terjadi.

Jadi…pikirkan saja apa yang sanggup kau pikirkan. Dan kemudian jalani hidup dengan santai. Nikmati setiap waktu yang ada karena kita tidak akan pernah tahu kapan ini semua akan berakhir.

Sekedar mengutip ungkapan seorang teman, “Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok dengan orang-orang yang kita sayangi bahkan kepada kita sendiri, maka berikan cintamu yang terbesar saat kau bisa lakukan itu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s